Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

19 Cara Menjadi Youtuber yang Sukses : Tips Lengkap!

Cara Menjadi Youtuber yang Sukses

Cara Menjadi Youtuber yang Sukses - Selama berabad-abad, banyak orang ingin menjadi kaya dan terkenal. Dan dulu, hal ini sulit dicapai: biaya penerbitan, produksi musik, atau menjadi seorang politisi sangat mahal bagi kebanyakan orang.

Namun, Era Internet telah mengurangi biaya secara signifikan. Ada lebih banyak cara daripada sebelumnya untuk menyiarkan diri Anda sendiri.

Bagi generasi muda, impian seringkali berkaitan dengan video. Terutama, banyak Gen Z bermimpi menjadi YouTuber, tetapi seperti influencer media sosial di platform lain, tidak ada batasan usia maksimum untuk menjadi influencer di platform mana pun.

Dan, meskipun "influencer" tidak selalu memberikan kesan positif kepada masyarakat umum, YouTuber telah menjadi ikon budaya publik. Dalam artikel ini, saya akan memberikan tips terbaik saya tentang cara menjadi YouTuber.

Apa Itu Sebenarnya YouTuber?

Secara sederhana, YouTuber adalah siapa pun yang memproduksi dan mempublikasikan konten di platform YouTube. Khususnya, ini adalah orang-orang yang menghasilkan sesuatu yang orisinal.

Setelah mereka mendapatkan cukup pelanggan, YouTube memungkinkan pencipta konten untuk menghasilkan uang dari saluran mereka.

Pada titik ini, YouTube menjadi bisnis bagi orang-orang ini. Namun, bagi sebagian besar YouTuber, ini lebih dari sekadar pekerjaan: sebaliknya, mereka menikmati sorotan. Beberapa bahkan menjadi terkenal.

Namun, perlu diingat, monetisasi melalui YouTube bukanlah satu-satunya cara untuk menghasilkan uang. Kami akan membahas metode-metode ini nanti dalam artikel, tetapi ada sumber pendanaan dari luar.

Misalnya, ingin menjadi influencer berbayar dapat menjadi alasan yang sangat menguntungkan untuk belajar bagaimana menjadi YouTuber.

19 Langkah Cara Menjadi Youtuber yang Sukses

Apa pun alasan Anda ingin menjadi YouTuber, ada banyak hal yang harus Anda lakukan untuk berhasil. Untungnya, pengalaman orang lain telah membuatnya mudah untuk belajar bagaimana menjadi YouTuber dan sukses dari waktu ke waktu.

Dunia YouTube semakin kompetitif, terutama karena begitu banyak orang bersaing untuk mendapatkan pengaruh yang diidamkan. Dengan itu dikatakan, berikut adalah langkah-langkah terbaik menuju kesuksesan.

SEBELUM Anda Memublikasikan Video Pertama Anda

Perencanaan adalah segalanya, terutama dalam situasi yang sangat kompetitif. Di sini, Anda ingin menentukan apa yang paling mungkin memberi Anda kesuksesan.

Ingatlah, ada lebih banyak dalam belajar menjadi YouTuber daripada hanya memilih subjek atau secara acak merekam video. Sebaliknya, Anda ingin memulai saluran Anda dengan rencana yang cermat dalam pikiran. Inilah caranya.

1. Tentukan kesuksesan Anda sendiri dan tetapkan tujuan S.M.A.R.T.

Akronim S.M.A.R.T. berarti Spesifik, Terukur, Dapat Dicapai, Relevan, dan Terbatas oleh Waktu. Dengan kata lain, apa tujuan Anda? Bagaimana Anda akan mengukurnya, bagaimana mereka sesuai dengan strategi Anda secara keseluruhan, dan apa jadwal Anda?

Selain itu, Anda harus memastikan tujuan tersebut dapat dicapai, bukan di luar jangkauan. Contoh sesuatu yang tidak dapat dicapai mungkin adalah mendapatkan satu juta pelanggan dalam seminggu.

2. Andalkan pada hasrat Anda dan tentukan niche Anda

Menentukan niche adalah keputusan yang paling sulit dan penting. Salah satu bagian yang lebih penting dalam belajar bagaimana menjadi YouTuber adalah mencari tahu apa yang tidak akan memiliki persaingan yang begitu banyak sehingga menjadi tidak mungkin.

Selain itu, Anda perlu memilih sesuatu yang memiliki peluang sukses tinggi: jangan membuatnya terlalu luas, atau Anda akan memiliki persaingan lebih dari yang bisa Anda tangani. Pada saat yang sama, niche Anda perlu menjadi sesuatu yang akan Anda bisa bicarakan selama bertahun-tahun.

3. Periksa pesaing dalam niche Anda dan biarkan diri Anda terinspirasi oleh mereka

Dalam beberapa hal, langkah ini juga dilakukan saat memilih niche tertentu. Untuk menjadi YouTuber yang baik, Anda perlu bersaing dalam niche Anda. Bagian dari ini adalah membedakan diri Anda.

Tetapi pada saat yang sama, penting untuk menganalisis pesaing Anda dan menentukan apa yang membuat mereka sukses.

Meskipun tidak semua yang mereka lakukan akan berhasil untuk Anda, ada banyak hal yang dapat dipelajari. Pelajaran-pelajaran ini akan membuatnya lebih mudah bagi Anda ketika belajar bagaimana menjadi YouTuber.

4. Tentukan audiens target Anda dan bagaimana Anda akan melayani mereka secara unik melalui konten video

Sebagian besar niche umum memiliki beragam audiens. Misalnya, tidak ada satu niche "fashion" yang sama. Sebaliknya, Anda memiliki berbagai kelompok usia target, jenis kelamin, dan jenis pakaian.

Jadi, Anda mungkin memutuskan untuk menampilkan fashion untuk pria bisnis berusia lima puluhan. Di ujung spektrum lain, mungkin perempuan milenial dengan gaya goth.

Selain memilih audiens target Anda, penting untuk mengetahui jenis konten video yang ingin Anda buat. Seorang YouTuber fashion mungkin melakukan banyak uji pakai sepatu, sebagai contoh.

5. Kembangkan branding pribadi Anda dan manifestasikan dalam menciptakan saluran yang berbeda dan bermerk

Personal branding adalah salah satu cara paling penting untuk Anda menentukan diri sebagai YouTuber. Dalam hal ini, ini lebih dari sekadar niche. Beberapa YouTuber sangat tegas dalam cara mereka menyampaikan informasi.

Di sisi lain, yang lain bisa sangat aneh atau tidak konvensional. Apa pun yang Anda pilih untuk merek pribadi, pastikan Anda konsisten dari waktu ke waktu.

6. Rencanakan konten Anda dan buat jadwal konten

Salah satu bagian tersulit dari belajar menjadi YouTuber adalah mengembangkan kalender konten. Terutama di awal, banyak orang kreatif memiliki banyak ide baru yang mereka tidak sabar untuk segera bagikan.

Namun, dari waktu ke waktu, ide-ide yang paling jelas digunakan habis, dan bagian yang sulit dimulai. Dengan mengembangkan kalender konten, Anda dapat memastikan bahwa selalu ada yang bisa dibicarakan, dan Anda tidak lupa hal penting apa pun.

MEMPUBLIKASIKAN Video Pertama Anda

Sekarang setelah Anda telah menentukan niche Anda dan memutuskan tentang kalender konten, saatnya untuk bagian yang menyenangkan. Dan dengan bagian yang menyenangkan, saya maksud penulisan skrip dan produksi video-video itu.

Bagi banyak orang yang belajar bagaimana menjadi YouTuber, mencapai titik ini terasa seperti bagian yang paling sulit. Namun, produksi sangat penting: konten berkualitas rendah akan segera merusak peluang kesuksesan Anda.

7. Rencanakan merek video Anda

Apapun gaya pribadi Anda, penting bahwa video Anda memiliki merek internal. Untuk pemula, buatlah intro dan outro video, termasuk gambar atau logo saluran yang konsisten.

Jika Anda akan menjadi pribadi yang berbicara sebagai diri sendiri daripada alias, ini seringkali adalah potret yang konsisten dengan merek. Di sisi lain, logo tradisional cocok jika Anda ingin tetap anonim.

8. Investasikan dalam peralatan yang tepat

Langkah berikutnya dalam belajar menjadi YouTuber adalah memiliki peralatan yang sesuai. Seringkali, ini dimulai dengan yang sederhana: beberapa YouTuber menggunakan kamera ponsel berkualitas tinggi. Bergantung pada niche Anda, ini mungkin sudah cukup.

Namun, ada kemungkinan besar Anda akan memerlukan tripod karena menggenggam kamera dengan tangan cepat membosankan.

Selain itu, Anda mungkin memerlukan mikrofon yang baik. Pencahayaan dan latar belakang adalah peralatan umum lainnya. Ini tidak harus mahal: lampu lingkaran dan dekorasi ruangan murah.

9. Pelajari dan pahami praktik SEO terbaik untuk YouTube

Ingatlah, YouTube sendiri adalah mesin pencari, karena Anda dapat mencari video berdasarkan topik atau pencipta konten. Menggunakan teknik SEO yang baik sangat penting agar konten Anda ditemukan.

Ini berlaku baik untuk pencarian konten maupun algoritma yang merekomendasikan video kepada orang berdasarkan riwayat penelusuran mereka. Dengan kata lain, tanpa SEO yang tepat, peluang Anda untuk menjadi viral sangat kecil.

10. Berfokus dalam video Anda

Apakah Anda suka video yang berlarut-larut? Kemungkinan besar jawabannya adalah tidak. Dan begitu juga orang lain.

Selain dari tidak berlarut-larut, menjadi berfokus memerlukan Anda benar-benar tahu tentang apa yang Anda bicarakan dan menunjukkan bahwa hal ini benar-benar terjadi. Bagian dari belajar menjadi YouTuber adalah menguasai seni konten yang menarik.

11. Menjadi editor atau menyewa editor

Jika Anda ingin konten yang bagus, Anda perlu mengedit video Anda. Meskipun ada beberapa YouTuber yang dapat melakukan semuanya dengan benar pada percobaan pertama, mereka ini jarang ada.

Kesalahan dan bloopers adalah bagian dari pembuatan konten. Untungnya, mengedit video cukup mudah dengan perangkat lunak modern. Jika Anda pengguna Mac, ada bahkan program gratis di perangkat Anda!

Namun, jika Anda tidak ingin repot mengedit video, ada banyak editor yang dapat Anda temukan di berbagai platform freelancer.

12. Jangan lupakan pentingnya desain gambar miniatur Anda

Ada tiga cara dasar di mana gambar miniatur bermanfaat. Pertama, dapat menarik perhatian pemirsa potensial (atau tidak). Kedua, akan membantu orang melihat apa yang ada di video Anda.

Dan akhirnya, gambar miniatur memberi orang pandangan tentang vibe dan merek Anda secara keseluruhan. Pilih salah satu gambar miniatur default dari dasbor video YouTube atau buat satu.

Berikut adalah tutorial tentang proses ini dari YouTube. Kemudian, setelah Anda menguasai cara menjadi YouTuber, Anda dapat mempertimbangkan menggunakan alat pihak ketiga.

13. Klik tombol Publikasi

Begitu Anda puas dengan video yang Anda buat, saatnya untuk memublikasikan. YouTube membuat ini mudah: ada tombol di dasbor yang hanya bertuliskan "publikasi". Tentu saja, Anda tidak dapat menonton video segera.

Video Anda perlu melewati proses buffering dan pemuatan. Anda akan segera mendapatkan gambaran tentang berapa lama waktu yang dibutuhkan, tetapi itu ditentukan oleh ukuran file Anda. Selamat, Anda baru saja menjadi pencipta konten!

14. Promosikan YouTube Anda di tempat lain

Setelah Anda memiliki beberapa video di saluran Anda, saatnya untuk meyakinkan orang untuk menontonnya. Meskipun YouTube akan melakukan beberapa hal ini untuk Anda, belajar bagaimana menjadi YouTuber juga mencakup self-promotion.

Jadi, jika Anda posting sebagai diri sendiri bukan merek, iklankan di Facebook ketika Anda telah mempublikasikan video. Jika Anda memiliki saluran dengan nama yang berbeda, buatlah Halaman dan lakukan di sana. Hal yang sama berlaku untuk platform media sosial lainnya.

Cara lain untuk mempublikasi konten Anda adalah dengan membuat situs web. Ini mudah dilakukan dengan program pembuat sederhana seperti Wix atau menggunakan layanan yang lebih komprehensif seperti WordPress.

Selain menjadi cara yang bagus untuk mempromosikan video, situs web juga merupakan cara yang bagus untuk menghasilkan uang dari pengaruh YouTube Anda saat tumbuh. Selain itu, Anda dapat menggunakannya agar orang bisa mengenal Anda.

MEMPERLUAS Pengaruh YouTube Anda

Sementara semua orang harus memulai dari suatu tempat, bagian dari belajar menjadi YouTuber adalah menguasai seni perluasan. Meskipun beberapa orang akan menemukan konten Anda melalui pencarian organik dan rekomendasi algoritma, Anda tidak dapat mengandalkan ini sendirian. Selain itu, semakin banyak konten yang Anda miliki, semakin mudah Anda ditemukan.

15. Menerbitkan secara konsisten

Jika Anda hanya mempublikasikan video sekali-sekali, kemungkinan Anda tidak akan mengembangkan pengikut yang signifikan. Akhirnya, orang berlangganan agar mereka dapat diperbarui ketika ada yang baru.

Selain itu, kebanyakan dari kita akan "menebang" langganan kami dari saluran yang mati dan yang telah kehilangan minat kita. Di sisi lain, posting secara teratur meningkatkan peluang Anda untuk dilihat dan mendapatkan pelanggan.

16. Berkomunikasi dengan komunitas Anda

Menguasai cara menjadi YouTuber adalah tentang lebih dari sekadar menciptakan dan mempromosikan konten. Sebaliknya, orang suka tahu bahwa YouTuber menghargai pertanyaan dan komentar mereka.

Jenis nasihat atau masukan seperti ini yang benar-benar membangun pengaruh Anda dari waktu ke waktu. Selain itu, saat Anda memonetisasi pengaruh Anda, keterlibatan dengan komunitas Anda akan menjadi bagian dari alasan orang membeli barang yang Anda rekomendasikan.

17. Manfaatkan analitika YouTube

Secara sederhana, analitika YouTube membantu Anda melihat video Anda yang berhasil dan yang tidak. Selain itu, data analitika memberi tahu Anda siapa yang menonton video Anda dan di mana mereka berada.

Seiring waktu, Anda dapat menggunakan informasi ini untuk meningkatkan dampak Anda secara keseluruhan. Jadi, jika sesuatu secara konsisten tidak berhasil, maka hentikan melakukannya. Demikian pula, penting untuk tahu mengapa video Anda yang paling sukses begitu menarik.

18. Ikuti tren di YouTube dan di niche Anda

Proses memahami pesaing Anda tidak pernah berakhir. Minat konsumen berubah, begitu pula tren dalam pembuatan konten.

Selain itu, selalu ada produk baru yang dikembangkan dan dirilis. Jika Anda tidak mengikuti perubahan tersebut, Anda akan dengan cepat kehilangan relevansi. Dan itu adalah salah satu cara terbaik untuk melihat saluran Anda mati.

19. Berkolaborasi dengan YouTuber lain

Terakhir, kolaborasi adalah cara yang bagus untuk mengembangkan saluran Anda. Meskipun YouTuber lain dalam niche Anda, secara ketat, adalah pesaing, seringkali layak untuk membentuk aliansi.

Plus, banyak kolaborasi bisa saling menguntungkan. Salah satu cara ini bisa terjadi adalah ketika seorang YouTuber berpengalaman mengundang seseorang yang masih belajar bagaimana menjadi YouTuber ke saluran mereka.

Pemula belajar dari master, dan selain itu, mendapatkan eksposur ke audiens mereka. Sebagai gantinya, kedua pihak mendapatkan lebih banyak tampilan.

Bagaimana Anda Bisa Menghasilkan Uang Sebagai YouTuber?

Tentu saja, salah satu alasan terbesar mengapa orang belajar bagaimana menjadi YouTuber adalah agar mereka bisa menghasilkan uang.

Sementara menghasilkan banyak uang relatif jarang terjadi, seorang YouTuber yang sukses akan lebih dari cukup menggantikan biaya mereka. Peluang dan uang yang dihasilkan dari mereka tumbuh dengan saluran.

Jual iklan

Cara paling dasar untuk menghasilkan uang dari YouTube adalah menjadi Mitra YouTube. Dalam hal ini, Anda mendapatkan sebagian dari pendapatan iklan yang diperoleh Google dari menambahkan iklan ke video Anda.

Anda juga memiliki kendali atas jumlah iklan. Meskipun jenis monetisasi ini yang paling mudah, itu juga menghasilkan jumlah uang yang cukup besar.

Estimasi industri adalah bahwa YouTuber menghasilkan antara satu sen hingga tiga sen per tampilan menggunakan AdSense. Rata-rata pendapatan adalah 1,8 sen per tampilan. Ini sederhana, tetapi akan bertambah dari waktu ke waktu.

Konten Berbayar / Kolaborasi Merek

Sementara menjual iklan adalah cara termudah untuk menghasilkan uang, itu bukan yang paling menguntungkan. Cara yang lebih menguntungkan untuk menghasilkan uang adalah dengan memproduksi konten berbayar.

Terkadang teknik yang digunakan adalah sederhana: menambahkan iklan ke dalam video, seringkali di tengah-tengahnya. Namun, metode lain lebih kreatif.

Misalnya, tutorial adalah pilihan umum untuk merek terkait hobi dan kecantikan / perawatan diri. Kompensasi biasanya berupa produk gratis, biaya tetap, atau komisi melalui tautan atau kode.

Menjual Produk atau Layanan Anda Sendiri

Terakhir, untuk YouTuber yang benar-benar kreatif, seringkali ada peluang untuk menjual produk atau layanan. Metode paling dasar untuk melakukannya adalah dengan menjual langganan ke saluran Anda, seperti melalui keanggotaan YouTube atau pihak ketiga seperti Patreon.

Kemudian, ada peluang lain, seperti konsultasi atau lini produk Anda sendiri. Ketika Anda memikirkannya, kemungkinan dalam kategori ini hampir tak terbatas.

Bagi sejumlah besar orang muda, menjadi YouTuber adalah tujuan hidup utama. Namun, kecuali Anda tahu bagaimana menjadi YouTuber, itu adalah jalan yang sulit. Perencanaan yang hati-hati diperlukan, serta kedisiplinan diri dan peralatan yang tepat.

Namun, bagi banyak orang yang bekerja keras, ini adalah pekerjaan yang sangat menguntungkan.

Dan seiring berjalannya waktu, Anda akan belajar lebih banyak tentang bagaimana menjadi YouTuber dan apa yang diperlukan untuk mencapai kesuksesan. Bagi banyak orang, ini adalah karier impian yang menjadi kenyataan.

Hanifa Tech
Hanifa Tech Suka belajar hal-hal baru tentang teknologi, seperti Computer, Gadget, Games, Cellular, Internet, Social Media, Aplikasi.

Posting Komentar untuk "19 Cara Menjadi Youtuber yang Sukses : Tips Lengkap!"